Wednesday, June 08, 2005

akhlak vs.adab

Akhlak = sebuah hubungan pribadi antara aku dengan Dia.
adab = sebuah hubungan pribadi antara aku dengan aku yang lain, antara aku dengan-nya

kenali Aku dengan mengenali dirimu sendiri, atau kenali dirimu sendiri dengan mengenali Aku.

dalam konteks adab, diriku yang mana yang harus aku kenali?
seribu suara menyeru bisu dalam diriku,....memilah satu yang paling aku diantara ribuan suara itu seperti mencari jarum dalam tumpukan benang. Hanya dengan kilauan materinya ia bisa dikenali, sama seperti hanya dengan kilauan cahayanya aku bisa dikenali.
Diriku bukan dicari atau ditemukan, diriku hanya sempurna untuk dibentuk, dirupa dan ditiupkan. Diriku bukanlah sebuah ketentuan, diriku merupakan pilihan. Dan untuk mengenali diriku yang ini aku hanya perlu menentukan, seperti apa aku berencana untuk Pulang.

dalam konteks akhlak, diriku adalah diri-Nya. Seberapa aku mengenal-Nya, itulah seberapa dekat aku dengan diriku sendiri. Seberapa mesra aku dengan-Nya, sebegitu mesranyalah aku menyayangi diriku sendiri.

adab yang sempurna merupakan pengejewantahan dari akhlak yang sempurna.
akhirnya, baik adab dan akhlak dalam keadaan yang seimbang dan sempurna ia akan menjadi kendaraan yang indah untuk akhirnya membawa kita Pulang menuju cahaya.

sebuah renungan.

No comments:

Post a Comment