Tuesday, December 20, 2005

resep balado jengkol

resep ini gua dapet dari kaka ipar gua, dia orang minang dan resep ini sudah terbukti akan tetapi jumlah takaran silahkan impron sendiri...

BALADO JENGKYY super yummy..... buat the jengky's fans club

bahan2:
3/4 kg jengkol segar, kupas kulitnya dan bersihkan
santan segar, 1/2 lt
cabe merah kriting
bawang merah

Cara:
Minyak kelapa: Kunci gurihnya ada di minyak kelapa buatan sendiri. Masak santan segar diatas api kecil, aduk-aduk perlahan ( ati2 ini bikin pegel...soalnya lamaaa bangettt.....) setelah 30 mnt-an akan muncul minyak dibagian atas santan, lama2 minyak dan santannya akan terpisah.
Pisahkan minyaknya pake sendok, jangan sampai santan ikut terangkat. sisihkan...

Jengky: Supaya The Jengky-nya ga beracun, bersihkan sampai bersih kemudian rebus lagi dengan air bersih sampai lunak, setelah itu cuci lagi dengan bersih dan rebus lagi sampai empuk, ulangi proses ini 3-4 kali. Kemudian menggunakan punggung sendok tekan jengky yang sudah empuk sampai pipih. Goreng dengan minyak sayur sampai kuning kecoklatan pada bagian kulitnya. Sisihkan.

Untuk Sambalnya:
Kalo bahasa sundanya diulek, di rendos, tapi kalo mau diblender juga oke, campur ama bawang merahnya, kalo mau agak spicy banyakin bawang merahnya. Haluskan tapi jangan sampai halus bangett yee.... SIsihkan.

Panaskan wajan,... masukan minyak kelapa buatan sendirinya, kemudian masukan sambalnya. Masak sampai sambalnya matang, cirinya wangi dan warnanya sudah kecoklatan. Tambahkan garam, merica dan gula putih secukupnya. Kecilkan api kemudian masukan the jengkys nya... aduk dengan rata, biarkan sampai sambalnya meresap kedalam jengkolnya.
Sajikan dengan jeruk mipis diatasnya, makan pake nasi panass..... dijamin nambah sampe 4 piring. hehehe.......

1 comment:

  1. Thank you , terima kasih atas resep jengkolnya, I enjoyed it.

    Salam,
    Trigo United KIngdom

    ReplyDelete